Sabtu, 24 Desember 2011

Bau Badan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Aroma tubuh yang kurang sedap tentu akan membuat seseorang tidak percaya diri di hadapan umum. Selain itu bau badan atau sering disebut BB juga sangat mengganggu.

Karena itu, agar terhindar dari BB yang tidak sedap, kenali terlebih dahulu penyebabnya.

Bau badan yang tak enak tentu akan mengganggu aktivitas. Jika Anda salah satu yang mengalami BB, maka harus segera mengatasinya. Namun, sebelum mulai membasmi BB, alangkah baiknya jika mencari tahu apa yang menyebabkan BB itu terjadi.

Keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar, yaitu:

1. Kelenjar Accrine.

Memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi. Biasanya muncul di tangan, punggung serta dahi.

Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.


2. Kelenjar Apocrine.

Kelenjar ini terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya cairan yang dihasilkan kelenjar apocrine hanya berbau lemak saja, namun karena setiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbullah Bau Badan yang tak sedap.

Penyebab Bau Badan

1. Kondisi jiwa seseorang seperti stres atau emosi, sebenarnya juga mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah BB.

2. Faktor lain yang menjadi pemicu BB adalah kegemukan.
Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit.

3. Faktor genetik (keturunan) juga berpengaruh terhadap timbulnya BB.

4. Selain itu, makanan tertentu diketahui dapat memperparah BB seperti daging-dagingan, bawang, jengkol, makanan pedas tertentu, bumbu-bumbu yang menyengat, rokok dan alkohol.

5. Dan yang terakhir adalah penyakit sistemik, seperti penyakit diabetes yang diketahui juga dapat menyebabkan bau badan.

Dengan menjaga emosi dan menjaga berat badan seimbang, minimal akan dapat mengurangi Bau Badan.

6 Langkah Atasi Bau Badan

1. Gunakan Deodoran.

Cara mengurangi aktivitas kelenjar keringat salah satunya adalah dengan menggunakan deodoran atau anti-perspiran.

Juga ada treatment estetika medis yang dapat mengatasi BB yaitu dengan melakukan injeksi botulinum toxin di ketiak, dimana ini akan mengurangi aktivitas kelenjar keringat secara lokal dan mengatasi penyebab BB.

2. Mandi 2 kali sehari.

Jagalah kebersihan badan dengan cara mandi minimal 2 kali sehari sehingga bakteri yang berlebih dan hasil penguraian asam lemaknya dapat disingkirkan.

Selain itu, pada musim panas, kenakan busana yang menyerap keringat.

3. Pola Makan Sehat.

Ubahlah pola makan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta mengatur pola diet bagi mereka yang kegemukan.

4. Hilangkan Rambut Berlebih.

Lakukanlah hair reduction therapy atau hair removal therapy (istilah inggrisnya dan cukur bahasa Indonesianya) pada daerah rambut yang berlebihan di area ketiak.

Karena dengan rambut berlebih dapat menyebabkan penumpukan bakteri sehingga timbul BB. Dengan menghilangkan rambut di ketiak misalnya, maka keringat dapat dikurangi dan BB berkurang.

5. Mengatur Stres.

Stres Management yang baik juga akan sangat berpengaruh.
Jika stres dapat diatasi dengan baik, maka aktivitas dan metabolisme tubuh menjadi lebih normal sehingga gejala BB dapat berkurang.

6. Hindari Parfum.

Sebaiknya, jagalah kebersihan daripada menyiasati BB dengan menggunakan parfum. Parfum sama sekali tidak dapat menghilangkan bau badan.

Parfum yang disemprotkan ke badan tidaklah berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat, namun hanya menambahkan aroma tertentu ke badan. Berhati-hatilah bagi mereka yang memiliki BB menyengat.

Jika mereka menggunakan parfum dan bercampur dengan BB, maka keduanya dapat menghasilkan bau yang tidak nyaman bagi orang lain. Atau sebaiknya gunakan bedak saja di area ketiak, karena hal itu dapat membantu menjaga area ketiak lebih kering sehingga dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar